7 September 1981

Protozoa

7 September 1674 Antony van Leeuwenhoek (1632 – 1723) menggambarkan adanya hewan yang sangat kecil yang sekarang dikenal dengan protozoa melaui tulisan-tulisannya ke British Royal Society.

Reaumur Meninggal Dunia

7 September 1683, Reaumur, fisikawan dan matematikawan Perancis, terlahir ke dunia. Pada usianya ke -20, Reaumur telah merilis karya di bidang teknik dan pada usianya ke-25 tahun, dia telah menjadi anggota akademi Perancis. Pada waktu yang relatif bersamaan dengan Fahrenheit, dia melakukan penelitian mengenai suhu udara dan pada tahun 1730, dia berhasil menciptakan sebuah alat pengukur suhu. Reaumur meninggal dunia tahun 1757.

Brazil Merdeka

7 September 1822, Brazil meraih kemerdekaannya dari Portugis dan hari ini dijadikan Hari Nasional negara ini. Portugis menjajah Brazil sejak tahun 1494 dan menjadikan rakyat kulit merah negara ini menjadi budak. Portugis bahkan juga mendatangkan jutaan budak kulit hitam dari Afrika untuk dijadikan pekerja di bidang pertanian. Pada awal abad ke 19, setelah Portugis diduduki oleh Napoleon Bonaparte, Kaisar Portugis dan keluarganya melarikan diri ke Brazil dan sejak itu situasi di negara ini semakin tidak tenteram.

Setelah kekalahan Napoleon, Kaisar Portugis kembali ke negerinya namun, anak laki-lakinya tetap tinggal dan menjadi raja pengganti di Brazil. 14 tahun kemudian, raja pengganti ini mengumumkan kemerdekaan Brazil dari tangan Portugis dan menjadikan dirinya sebagai kaisar Brazil.

Pada tahun 1889, sistem pemerintahan Brazil diubah menjadi republik.

Brazil yang memiliki luas wilayah 8,5 juta kilometer persegi ini merupakan kawasan yang luas di bagian tengah dan timur Amerika Selatan. Negara ini terletak di tepi samudera Atlantik dan berbatasan dengan Argentina, Paraguay, dan Uruguay.

Kaum Boxer Lancarkan Perlawanan di Cina

7 September 1899, terjadi gerakan perlawanan boxer di Cina. Kaum boxer adalah julukan bagi sekelompok militer Cina yang bernama “Ay Hu Chuan” atau pukulan bersama yang telak. elompok ini bangkit untuk menentang campur tangan Barat dan Jepang yang kian meningkat di Cina. Kaum boxer menduduki kedubes-kedubes Barat di Beijing dan terjadi bentrokan yang keras dengan para misionaris Eropa. Namun, perlawanan ini bisa ditumpas secara bersama oleh pasukan Eropa, Amerika, dan Jepang. Cina pun terpaksa membayar ganti rugi kepada para imperialis itu dalam jumlah yang sangat besar.

Ayatullah Mirza Muhammad Baqir Ashtiani Wafat

7 September 1984, Ayatullah Mirza Muhammad Baqir Ashtiani, seorang ulama kontemporer Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1905 di Teheran, Iran dan setelah melewati pendidikan dasarnya, beliau melanjutkan pendidikan ke hauzah ilmiah di kota Najaf, Irak. Setelah mencapai derajat mujtahid, beliau kembali ke Teheran dan mengajar agama di kota ini. Karya-karya Ayatullah Ashtiani di antaranya berjudul, “Arsyad az Nazar-e Islam” dan “Malikiyat dar Islam.”

Imam Muhammad Taqi a.s Lahir

10 Rajab 195 Hijriah, Imam Muhammad Taqi a.s., keturunan Rasulullah generasi ke-8 terlahir ke dunia di kota Madinah. Setelah ayah beliau, yaitu Imam Ridha a.s. wafat, beliau mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin kaum muslimin dan menjadi Imam ke-9. Beliau sangat dicintai oleh kaum muslimin dan terkenal karena kedermawanannya, sampai-sampai beliau dijuluki “Jawad” yang bermakna dermawan. Rumah Imam Jawad adalah tempat tujuan orang-orang yang sengsara dan butuh pertolongan. Dalam periode keimamahan Imam Jawad, lslam menyebar ke berbagai kawasan secara luas. Kondisi ini telah menyebabkan terbukanya peluang perpindahan pemikiran dari luar ke dalam kalangan umat Islam. Pada zaman itu juga terjadi berkali-kali dialog antara pemikir Islam dan non-Islam. Imam Jawad memainkan peranan yang sangat penting pada saat itu. Ia berhasil membimbing umat sekaligus mencegah terjadinya infiltrasi pemikiran-pemikiran luar yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Salah satu hadis dari beliau adalah, “Berpegang teguh kepada Tuhan adalah sebuah tangga untuk menuju derajat yang tinggi. Siapapun yang berpegang teguh kepada Tuhan, Tuhan pasti akan membebaskannya dari segala keburukan sekaligus menjaganya dari ancaman-ancaman musuh.”

Kota Ambon

Tanggal 7 September 1921 masyarakat Kota Ambon diberi hak yang sama dengan pemerintah kolonial sebagai manifestasi hasil perjuangan rakyat Indonesia asal Maluku dibawah pimpinan Alexander Yacob Patty, untuk menentukan jalannya pemerintahan kota melalui wakil-wakil dalam Gemeenstraad (dewan kota) berdasarkan keputusan Gubernur General No.7 (Staadblad 1921 nomor.524) tertanggal 7 September 1921. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal kelahiran Kota Ambon.

Firmansyah Chaniago

7 september 1981, who wants to know ?

Google

7 September 1998 di ruang garasi rumah teman mereka di Menlo Park, California, Google, Inc. (NASDAQ: GOOG) didirikan. Pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University Ave., Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke “Googleplex” pada akhir tahun tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: